Inovasi Bajaj Motor

Sulitnya Bersaing Di Lahan “Panas”

Segmen bebek, skutik hingga light cruiser adalah segmen paling favorit. Karena disamping volume penjualan yang tinggi, segmen ini tidak pernah sepi pembeli. Tetapi masalah lainya bagi pabrikan yang masih seumur jagung di segmen ini telah dihuni oleh pabrikan mapan, tidak lain adalah Honda, Yamaha dan Suzuki. Artinya bagi Atpm seperti KMI dan BAI mereka justru seperti seolah mundur dari persaingan di segmen ini dan justru berkonsentrasi di segmen yang sepi pesaing.

Segmen Heavy Cruiser … Musuhnya Cuma Tiger Revo !!!

Di segmen Heavy Cruiser praktis pesaing yang akan dihadapi pasukan BAI hanyalah Honda Tiger Revo. Meski di segmen ini juga terdapat Yamaha Scorpio tetapi praktis Bajaj Pulsar 180 DTSI hingga Pulsar 220 DTSFI hanya perlu bersaing melawan Tiger Revo yang memang kadung menjadi Bench Mark di segmen ini.

Berharap Mengikuti Sukses KMI dengan Ninjanya.

Saat pertama bereinkarnasi pada tahun 1996 Kawasaki hadir dengan dua produk andalan yaitu Kaze (bebek) dan Ninja 150 (Sport 2tak). Saat itu Kaze harus head to head melawan Astrea Grand, Suzuki Shogun dan Yamaha Crypton. Sedangkan Ninja 150 menghadapi Suzuki RGR dan NSR 150. Tetapi kemudian Honda menghentikan produksi NSR 150 yang kemudian diikuti Suzuki dengan mengganti RGR dengan Suzuki FXR. Hasilnya bisa ditebak, Kawasaki praktis menguasai pasar motor sport jadi artinya bagi konsumen peminat motor sport mau tidak mau produk KMI adalah satu satunya pilihan tunggal.

Bukan tidak mungkin hal serupa juga akan dialami oleh BAI. Ketika mereka mampu menguasai segmen Heavy Cruiser dengan melaunching beberapa pilihan produk di segmen ini. Mengharapkan AHM meninggalkan segmen ini mungkin terlalu muluk dan terasa tidak mungkin tetapi setidaknya dengan memberikan banyak pilihan produk di segmen ini BAI memiliki pluang besar untuk mengikuti sukses kawasaki di salah satu segmen tersebut.




    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: